Dak Konvensional.VS Floordeck PDF Print E-mail
bekisting-beton
atau
floor_deck_2
Dak konvensional
 
Floordeck

Dikarenakan semakin mahal dan semakin sempitnya lahan yang ada, terutama di daerah perkotaan, maka tidak dapat dipungkiri akan mendorong para pengembang atau pemilik untuk membuat bangunan yang bertingkat demi memenuhi kebutuhan penambahan ruang.

Saat ini semakin banyak alternatif bahan maupun sistem pembuatan untuk lantai dak, oleh karena itu pertimbangan kebutuhan maupun aspek biaya menjadi tolok ukur untuk memilih bahan dan sistem pembuatan lantai dak.

Berikut ini perbandingan antara sistem pembuatan lantai dak yang ada;

♦ Lantai Dak Konvesional.

Pelat lantai beton yang umum dilakukan pada saat inimenggunakan material utama yaitu besi dan beton. Beton merupakan campuran dari semen, pasir, koral/batu split dan air dengan komposisi tertentu
Cara pengerjaan sistem dak konvensional yaitu diawali dengan pembesiaan dan pemasangan cetakan plat lantai beton. Cetakan lantai beton disangga oleh scafolding atau perancah yang umumnya berupa bambu atau kayu dolken, tatakan atau cetakan biasanya dari triplek atau papan yang dipasang didasar cetakan yang kemudian disangga oleh scafoldinng atau perancah. Pembesiaan pada badan lantai dan kolom diikat oleh kawat beton yang kemudian dicor secara bersamaan dengan merata.

Adukan beton bisa dibuat sendiri secara manual atau dengan molen, bisa juga dengan menggunakan Readymix yaitu adukan beton yang sudah jadi atu sering disebut dengan beton curah.

Untuk biaya pembuatan lantai dak beton konvensional ini bervariasi tergantung dari kualitas dan pengerjaannya, umumnya untuk dak dengan kualitas beton kualitas 3 dikisaran Rp 400.000,- s/d Rp. 450.000,-/m2  sedangkan untuk kualitas 1 dikisaran Rp. 700.000,- s/d Rp. 1.000.000,-/m2

♦ Lantai dak Metal Komposit (floordeck)

Inovasi dari dack beton yang merupakan penyempurnaan dari dak beton konvensional dan merupakan pengganti bahan triplek untuk pengecoran beton yang ada dipasaran, Floordeck memiliki kelebihan karena menggunakan material plat baja galvanized yg didesign bertulang sehingga berfungsi ganda baik sebagai pengganti triplek maupun tulangan negatif.
Floordeck lebih mudah dalam pemasangan, baik pada konstruksi beton ataupun pada konstruksi baja, dapat menghemat semen, bekisting dan perancah hingga 25 %. dari segi segi biaya total lebih hemat sampai dengan 8% dibanding dak konvensional.
Sangat efisien dalam waktu dan tenaga pemasangan dengan material yang benar – benar kuat dan pekerjaan luas. Untuk kisaran biaya pemasangan lantai dak dengan menggunakan floordeck berada dikisaran Rp. 410.000,-/m2

 

Untuk perbandingan perhitungan biaya antara floordeck dan lantai dak konvensional. dapat dilihat pada link dibawah ini ;

download-PDF.jpg download

Comments
Add New Search
+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:D:angry::angry-red::evil::idea::love::x:no-comments::ooo::pirate::?::(
:sleep::););)):0
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
 

you are here: Beranda Blog Tips Umum Dak Konvensional.VS Floordeck